Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa di SMP N 2 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya siswa kurang aktif dan dan pembelajaran biologi msih berpusat pada guru sehingga kurangnya interaksi siswa dengn guru dalam proses pembelajaran biologi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran aktif Tipe Indek Card Match pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Rancangan penelitian Randomized control group only desaign dengan populasi siswa kelas VIII SMPN 2 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir hasil belajar dalam bentuk tes objektif. Analisis data dilakukan dengan Uji t. Berdasarkan skor tes hasil belajar biologi siswa diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (85,73), lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol (58,37). Dari analisis data diperoleh thitung adalah (58,37) sedangkan ttabel (1,68). Karena thitung > ttabel maka hipotesis yang diajukan diterima. Maka dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran biologi siswa kelas VIII SMP N 2 Sutera.