Daftar Isi:
  • Pendidikan merupakan proses menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki sistem nilai dan budaya kearah yang lebih baik. Proses pendidikan di sekolah sangat penting terutama dalam kegiatan belajar. Ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai anak didik. Dalam proses pembelajaran guru sudah menggunakan LKS. Namun, LKS yang dipakai di sekolah masih terdapat kekurangan karena ada materi pelajaran yang tidak dijabarkan, tidak ada petunjuk belajar, kurangnya informasi pendukung, gambar yang ada sangat sedikit, belum lengkap dan berwarna hitam putih sehingga LKS ini kurang menarik. Sementara untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran diperlukan bahan ajar yang dapat menarik siswa untuk belajar. Sehubungan dengan itu dikembangkanlah bahan ajar LKS berbasis Learning Cycle 5-E pada materi Sistem Peredaran Darah untuk kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas LKS berbasis Learning Cycle 5-E. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan yang penulis miliki. Tahap define terdiri dari analisis ujung depan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap design dilakukan perancangan LKS berbasis Learning Cycle 5-E pada materi sistem peredaran darah, kemudian pada tahap develop dilakukan uji validitas oleh validator yang terdiri dari 2 orang dosen dan 2 orang guru MTsN Durian Tarung Padang. Uji praktikalitas oleh 2 orang guru dan 36 orang siswa MTsN Durian Tarung Padang kelas IX. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji validitas LKS berbasis Learning Cycle 5-E oleh validator menunjukkan bahwa LKS berbasis Learning Cycle 5-E ini pada kriteria sangat valid 91,66% yang ditinjau dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan komponen kegrafikan. Hasil uji praktikalitas LKS berbasis Learning Cycle 5-E oleh guru menunjukkan pada kriteria sangat praktis yaitu 97,25% dan hasil uji praktikalitas siswa 85,15% pada kriteria praktis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan, maka dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis Learning Cycle 5-E pada materi sistem peredaran darah yang dihasilkan memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis.