Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) disertai Media Power Point terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Padang
Daftar Isi:
- Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi Sistem Gerak pada Manusia dimana pada materi ini siswa kurang memahami tentang perbandingan organ-organ pada sistem gerak. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya adalah kurangnya motivasi siswa dalam belajar biologi, dalam proses pembelajaran guru tidak menggunakan media yang dapat membantu menyampaikan materi dan guru kurang bervariasi dalam menerapkan strategi pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Penerapkan Strategi Pembelajaran Aktif tipe Everyone is A Teacher Here (ETH) disertai Media Power Point terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel adalah proposive sampling sehingga terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII5 dan kelas kontrol adalah kelas VIII6. Hasil analisis data diperoleh dari kompetensi pengetahuan pada kelas eksperimen 77,88 dan pada kelas kontrol 62,91 dengan harga thitung 4,01 sedangkan ttabel 1,67. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel dengan demikian hipotesis diterima (H1). Berdasarkan hasil analisis Penilaian kompetensi sikap pada kelas eksperimen dengan predikat B (3,4) dan pada kelas kontrol berada pada predikat B (3,3). Berdasarkan hasil penelitian dapat dismpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here disertai media Power Point dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Padang.