Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016
Daftar Isi:
- Rendahnya hasil belajar biologi siswa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain dalam proses pembelajaran masih terpusat kepada guru , dalam proses pembelajaran siswa terlihat pasif. Ketika guru memberikan pertanyaan hanya beberapa siswa yang mampu menjawab pertanyaan tersebut. Pada saat diskusi kelompok banyak siswa yang tidak mau memberikan tanggapan terhadap apa yang disampaikan temannya. Biasanya dalam proses pembelajaran siswa tersebut hanya menerima informasi terkait apa yang disampaikan oleh guru, tanpa melalui proses menemukan informasi sendiri dan berfikir mandiri. Untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Examples Non Examples. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe examples non examples terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA2 sebagai kelas Kontrol. Hasil analisis data diperoleh pada kelas eksperimen 72,10 dan pada kelas kontrol 55,01 dengan harga thitung 4,88 sedangkan ttabel 1,66. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel dengan demikian hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Examples Non Examples berpengaruh baik terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI Di SMAN 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016.