Daftar Isi:
  • Bidang pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena dengan adanya bidang pendidikan derajat kemanusiaan seseorang akan terangkat. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa adalah perhatian orang tua. Berdasarkan hasil observasi penulis di SMPN 4 Painan didapatkan data latar belakang keluarga siswa yang berbeda, baik dari segi pendidikan, pekerjaan, dan penghasilan orang tua. Perbedaan latar belakang orang tua tersebut merupakan salah satu faktor yang biasanya dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar IPA siswa/i SMPN 4 Painankelas VIII semester 2 tahun pelajaran 2014/2015 masih banyak yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM).KKM yang digunakan di SMPN 4 Painanadalah 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar IPA siswa kelas VIII Semester II SMP N 4 Painan Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP N 4 Painansejumlah 109 siswa terdiri dari 4 kelas tahun pelajaran 2014/2015 dan sampel diambil 50% dari masing-masing pekerjaan orang tua dengan cara propotional random sampling, sehingga sampel dari penelitian sebanyak 50 orang siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perhatian orang tua dan variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh terdapat hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP N 4 Painan sebesar 23,53% dan 76,48% dipengaruhi oleh faktor lain. Nilai koefisien korelasi rhitung 0,485 dan uji keberartian koefisien korelasi didapat thitung3,85 sedangkan ttabel 1,684 jadi thitung <ttabel pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 4 Painan tahun pelajaran 2014/2015 yang signifikan.