), Hubungan Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA N 6 Padang

Main Author: RATIFAH, RATIFAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1004/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1004/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1004/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1004/4/10010179%20RATIFAH.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1004/
Daftar Isi:
  • Sumber belajar adalah segala daya yang dapat dipergunakan untuk kepentingan proses/aktivitas pengajaran baik secara langsung maupun tidak lansung, di luar dari peserta didik ( lingkungan). Lingkungan dalam pembelajaran biologi dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang ada di sekolah atau tempat tinggal peserta didik yang berisi makhluk hidup maupun benda mati yang dapat dijadikan sebagi sumber belajar, dengan maksud lebih lanjut bahwa lingkungan tersebut dapat menjadi objek pengamatan, sarana atau tempat melakukan percobaan atau penyelidikan dan sebagai tempat mendapatkan informasi. Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran yang dimaksud agar peserta didik dapat berfikir secara mandiri, kreatif, dan mampu menyesuaikan diri dengan permasalahan biologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa biologi pada materi keanekaragaman hayati di SMA N 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 5 kelas tahun pelajaran 2017/2018. Sampel di ambil 25 % dari masing masing kelas dengan cara proporsional random sampling. Sehingga sampel dari penelitian ini adalah 41 orang siswa.Variabel bebas dari penelitian ini adalah pemanfaatan lingkungan sekolah sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar biologi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner). Hasil penelitian ini diperoleh nilai hasil koefisien korelasi product moment (hubungan produk momen) 0,83 dengan kriteria sangat tinggi dan untuk uji koefisien korelasi didapat nilai t hitung 9, 25 sedangkan t tabel 1,68 pada taraf kepercayaan 95 % (α-0,05) maka dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara pemanfaatan lingkungan sekolah dengan hasil belajar biologi siswa pada materi keanekaragaman hayati yang signifikan pada taraf kepercayaan 95 % (α- 0,05).