Daftar Isi:
  • Berkaitan dengan pembelajaran biologi di sekolah, laboratorium merupakan faktor penunjang proses pembelajaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari materi yang diajarkan di kelas. Laboratorium dapat dimanfaatkan dengan baik bila ketersediaan alat dan bahan yang akan dipraktikumkan tersedia dengan baik, begitu juga dengan pengelolaan dari laboratorium. Apabila aspek dari pengelolaan dapat terlaksana dengan baik maka keterlaksanaan dari praktikum akan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketersediaan peralatan, keterlaksanaan kegiatan praktikum dan pengelolaan laboratorium biologi di SMA Negeri Se-Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Se-Kota Solok. Populasi yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah 4 SMA Negeri di Kota Solok Tahun Pelajaran 2014/2015. Sedangkan subjek penelitiannya adalah guru biologi kelas X, kelas XI dan kelas XII serta pengelola laboratorium yang terdapat di seluruh SMA Negeri Se-Kota Solok. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Total Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase yang dilakukan dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan persentase ketersediaan peralatan laboratorium biologi di SMA Negeri Se-Kota Solok sebesar 95,96% dengan kriteria sangat baik, persentase untuk keterlaksanaan kegiatan laboratorium bilogi SMA Negeri Se-Kota Solok sebesar 70,2% dengan kriteria cukup baik dan persentase untuk pengelolaan laboratorium biologi di SMA Negeri Se-Kota Solok sebesar 78,4% dengan kriteria baik.