Daftar Isi:
  • Pendidikan di lingkungan keluarga berperan penting dalam melaksanakan pendidikan informal dalam hal ini orang tua mempunyai tanggung jawab dalam mendidik anaknya. Keberhasilan seorang anak dalam mengikuti pendidikan tidak dapat diraih begitu saja tanpa adanya dorongan dari orang tua. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhinya adalah perhatian orang tua. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perhatian orang tua dengan hasil belajar IPA (Biologi) siswa Kelas VII Semester II SMP PGRI 4 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP PGRI 4 Padang yang terdiri dari 2 kelas tahun pelajaran 2014/2015 dan sampel diambil semuanya dari masing-masing kelas dengan cara total sampling. Sehingga sampel dari penelitian sebanyak 54 orang siswa. Variabel bebas dari penelitian ini adalah perhatian orang tua dan variabel terikat dari penelitian ini adalah hasil belajar biologi IPA (Biologi) siswa. Hasil penelitian diperoleh motivasi yang di berikan dalam meningkatkan belajar anak 62,42%, menyediakan tempat dan peralatan belajar 74,31%, mengatur jadwal dan kegiatan belajar 73,29%, bimbingan dalam belajar 55,25% dan bimbingan dalam berprilaku 63,43% dengan kriteria baik. Nilai koefisien korelasi 9,43 dan untuk uji keberartian koefisien korelasi didapat 0,76 sedangkan 1,684, jadi < . Sehingga dapat disimpulkan terdapatnya hubungan tetapi tidak signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar IPA (Biologi) siswa kelas VII SMP PGRI 4 Padang.