Penerapan Model Talking Stick Disertai Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII MTsN Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung
Main Author: | Lista, Ramadani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10032/1/11010037%20LISTA%20RAMADANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10032/2/ABSTRAK%20-%202020-09-23T083641.817.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10032/3/BAB%20V%20-%202020-09-23T083710.985.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10032/4/KEPUSTAKAAN%20%2896%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10032/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi sebagian besar siswa untuk mengikuti pelajaran, ini terlihat dari kurangnya ketertarikan untuk menjawab pertanyaan guru, karena guru memberikan pertanyaan pada keseluruhan siswa tidak terpusat pada satu siswa, akibatnya siswa tidak tertantang untuk menjawab dan lebih memilih diam. Hal ini tentu berdampak pada hasil belajar yang akan di capai. Hasil yang diperoleh siswa masih dibawah Kriteria Ketuntasan minimum (KKM). Penelitian bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar biologi siswa dengan penerapan model talking stick disertai video pembelajaran dalam pembelajaran biologi siswa kelas VIII MTsN Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung. Jenis penelitian adalah eksperimen, populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Sumpur Kudus yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan pengundian. kelas pertama yang terambil sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas yang kedua sebagai kelas kontrol, maka diperoleh kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes akhir berbentuk pilihan ganda. Analisis data digunakan dengan uji -t. Berdasarkan skor tes hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata kelas Heksperimen 66,27 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 59,44. Hasil analisis dari uji-t, diperoleh thitung= 1,87 sedangkan ttabel = 1,67 Karena thitung > ttabel maka diterima. Dari penelitian ini dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran talking stick disertai video pembelajaran dapat memberikan perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas VIII MTsN Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung.