Hubungan Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Dan Hasil Belajar Biologi pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan pada Siswa Kelas VII di SMP N 31 Padang

Main Author: Aulia, Gusti Rahman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1002/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1002/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1002/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1002/4/10010158%20AULIA%20GUSTI%20RAHMAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1002/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pemanfaatan lingkungan yang masih kurang, guru kurang optimal memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dan sarana pembelajaran. Karena waktu yang digunakan kurang efektif seharusnya dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar membutuhkan waktu yang efesien, sementara waktu yang disediakan terkadang kurang maksimal dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dan masih rendahnya hasil belajar pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Penelitian ini bertujuan hubungan pemanfaatan lingkungan sekolah dan hasil belajar biologi pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di SMP N 31 Padang Tahun pelajaran 2016-2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah proporsional random sampling yaitu pengambilan sampel dari anggota populasi secara acak dengan proporsi tertentu. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang diambil sebanyak 26% dari setiap kelas. perwakilan dari satu lokal 9 orang perkelas jumlah dari seluruh sampel, yaitu 72 orang siswa kelas VII SMP N 31 Padang yang terdiri dari 8 kelas. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemanfaatan lingkungan sekolah dan variabel terikat berupa hasil belajar biologi siswa. Hasil penelitian diperoleh persentase rata-rata proses pemanfaatan lingkungan termasuk dalam kategori “Cukup”. Nilai koefisien korelasi rhitung 0,6853, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan lingkungan dan hasil belajar dapat dilihat dari nilai koefesien determinasi sebesar 46,96% hal ini menunjukan bahwa pemanfaatan lingkungan mempengaruhi hasil belajar, untuk mengetahui korelasi berarti atau tidak, dimana hasil korelasi product moment tersebut diuji dengan uji signifikasi rumus t. Hasil pengolahan data menunjukkan nilai thitung sebesar 7,85 dan nilai ttabel sebesar 2,000 pada taraf kepercayaan 95% (α=0,05). Kesimpulan penelitian adalah bahwa ada hubungan yang signifikan antara pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dan hasil belajar biologi pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di SMP N 31 Padang. Pemanfaatan lingkungan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar biologi sebesar 46,96%.