Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas X SMAN 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa di SMAN 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan proses pembelajaran biologi masih berpusat pada guru sehingga kurangnya usaha siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hasil Belajar Biologi Kelas X SMAN 1 Pancuang Soal Kabupaten Pesisir Selatan dengan Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Rancangan penelitian Randomized control group only design dengan populasi siswa kelas X SMAN 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan yang terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling sehingga kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan X5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir hasil belajar dalam bentuk tes objektif. Analisis data dilakukan dengan Uji t. Berdasarkan skor tes hasil belajar biologi siswa diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (79,13), lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol (54,66). Dari analisis data diperoleh thitung adalah (17,86) sedangkan ttabel (1,67). Karena thitung > ttabel maka hipotesis yang diajukan diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.