Pengaruh Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP N 35 Padang
Main Author: | Ervi, Karlina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10007/1/10010039%20ERVI%20KARLINA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10007/2/ABSTRAK1%20%2895%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10007/3/BAB%20V%20-%202020-09-22T140254.231.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10007/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-09-22T140314.328.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10007/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas VII di SMP N 35 Padang. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya proses pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran dan kurangnya pemahaman siswa pada materi pembelajaran yang diterima, oleh sebab itu guru menerapkan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP N 35 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester II SMP N 35 Padang tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 5 kelas. Sampel diambil dengan cara pengundian, dalam penelitian ini yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas VII5 dan kelas kontrol adalah kelas VII4. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa berupa objektif sebanyak 34 butir soal. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian terlihat bahwa kelas eksperimenmemiliki rata-rata nilai 75,68 dan kelas kontrol 58,58. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh pada taraf taraf kepercayaan 95% (α= 0.05)adalah 1,67 dan h = 4,5 berarti h > , maka hipotesis pada penelitian ini diterima, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH)lebih baik dari pada hasil belajar biologi siswa yang tidak menggunakan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here(ETH).