Penerapan Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 29 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 29 Padang pada materi Sistem Gerak Pada Manusia yang masih berada di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM). Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah guru masih menggunakan model pembelajaran yang kurang bervariasi dalam proses pembelajaran. Salah satu cara yang dapat diterapkan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model CIRC (Cooperative Integated Reading And Composition) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 29 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model CIRC (Cooperative Integated Reading And Composition) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 29 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 29 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas VIII.9 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.8 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf 0,05. Berdasarkan skor tes hasil belajar biologi siswa, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,98, dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 71,97. Hasil analisis data dengan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,08>1,68. Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa dengan menerapkan model CIRC (Cooperative Integated Reading And Composition) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 29 Padang tahun pelajaran 2015/2016.