Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang

Main Author: Rahmi, Elza Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/100/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/100/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/100/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/100/4/10050126%20RAHMI%20ELZA%20PUTRI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/100/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang mengikuti strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer lebih baik dari hasil belajar matematika siswa mengikuti pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari tiga kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berbentuk esai. Teknik analisis data menggunakan uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data jumlah siswa dengan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer meningkat dari 4 orang menjadi 12 orang. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung =1,72 dan ttabel =1,69 dengan α = 0,05, karena thitung> ttabel maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional.