THE EFFECT OF A DIALOGUE JOURNAL TECHNIQUE TOWARD STUDENTS ’WRITING SKILL AT THE SECOND GRADE OF SMPN 22 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Sinaga, Natalia Kristiati, Arasuli, Arasuli, Kasmaini, Kasmaini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/981/1/I%2CII%2CIII%2C-1-13-nat-fi.pdf http://repository.unib.ac.id/981/2/IV%2CV%2CLAMP%2C-1-13-nat-fi.pdf http://repository.unib.ac.id/981/ |
Daftar Isi:
- The Effect of a Dialogue Journal Technique toward Students’ Writing Skill at The Second Grade of SMP N 22 Kota Bengkulu in academic year 2012/201. S1. Thesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu Penilitian ini dilaksanakan untuk meneliti efek dari tehnik dialogue journal terhadap kemampuan menulis siwas kelas 2 di SMPN 22 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Subyek penelitian ini diambil dari populasi seluruh siswa kelas 2 di SMPN 22 Kota Bengkulu tahun ajaran 2012/2013 yaitu kelas 8A sebagai kelas pembanding dan kelas 8B sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan tehnik dialogue journal sedangkan kelas pembanding menggunakan tehnik biasa. Pre-test diberikan kepada kedua kelas sebelum tehnik diterapkan. Hasil pre-test menunjukan bahwa rata-rata nilai untuk kelas pembanding adalah 62,5 dan untuk kelas ekperimen adalah 61. Setelah perlakuan dilakukan di kelas eksperimen dilakukan sebanyak 6 pertemuan, post test diberikan kepada kedua kelas. Hasil post test menunjukan bahwa kenaikan rata-rata nilai untuk kelas pembanding sebesar 0,6 poin dari 62,5 pada pre-test menjadi 63,1 pada post-test,sedangkan kenaikan rata-rata nilai untuk kelas eksperimen sebesar 6,6 point dari 61 pada pre-test menjadi 67,6 pada post-test. Selain itu, dari analisis t-test, diperoleh t-hitung sebesar 2,57 sedngkan t-tabel sebesar 2,12. Artinya, nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-table. Dapat disimpulakan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari tehnik dialogue journal ini terhadap kemampuan menulis siswa.