PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII H SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Main Authors: Formadi, Ahyar , Agus , Susanta, Fachruddin , Fachruddin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/9768/1/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-ahy.FM.pdf
http://repository.unib.ac.id/9768/2/I%2CII%2CIII%2CII-14-ahy.FM.pdf
http://repository.unib.ac.id/9768/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran matematika selama ini hanya dilakukan dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pembelajaran dengan metode ini tidak melibatkan siswa untuk partisipatif dalam pembelajaran karena pada pembelajaran ini siswa hanya menerima apa yang diberikan oleh guru, sehingga siswa menjadi pasif dalam pembelajaran. Selain itu pembelajaran dengan metode ini hanya bersifat menghafal rumus tanpa memahami konsep dari materi yang dipelajari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara menerapkan metode pembelajaran inkuiri sehingga terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat berdasarkan peningkatan skor rata-rata yang diberikan dua pengamat dari siklus I hingga siklus III secara berturut-turut yaitu: 25; 28,2; 32,8 dan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dan presentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus 1 hingga siklus III secara berturut-turut: 76,9; 79,2; 79,5 dan 61,1%; 75%; 86,1%