PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN PENGUCAPAN KOSAKATA PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE DEMONSTRASI (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI PAUD AL-WAKHIDAH, DESA PASAR BEMBAH, KECAMATAN AIR NAPAL, KABUPATEN BENGKULU UTARA)

Main Authors: Zulfikar, Zulfikar, Johanes, Sapri, Bambang, Sahono
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/9683/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-zul-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9683/2/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-zul-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9683/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara dan pengucapan kosakata dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al-Wakhidah, Desa Pasar Bembah, Kecamatan Air Napal, Kabupaten Bengkulu Utara Kelas B2 tahun pelajaran 2012/2013 pada bulan Desember 2012 selama tiga minggu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari empat langkah, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Data dikumpulkan menggunakan instrumen lembar observasi. Data numerik berupa hasil pembelajaran diperoleh melalui hasil kegiatan bermain peran. Untuk keterampilan berbicara, yang telah tuntas belajar secara klasikal pada awalnya 50% menjadi 88,89% dari 16 orang siswa, sedangkan rata-rata nilai kelas meningkat dari 71,43 menjadi 89,05 dan untuk keterampilan pengucapan kosataka yang telah tuntas belajar secara klasikal pada awalnya hanya 50% menjadi 88,89% dari 16 orang siswa, sedangkan rata-rata nilai kelas meningkat dari 72,22 menjadi 86,51.