PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK PADA PAUD RAUDHATUL ATFHAL KOTA BENGKULU

Main Authors: Purwati , Hemi , Riyanto, Riyanto, Alexon, Alexon
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/9675/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-hem-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9675/2/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-hem-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9675/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbantuan komputer dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak pada PAUD Raudhatul Afthal Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methode research yaitu penelitian tindakan kelas kemdian dilanjutkan dengan quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah PAUD Raudhatul Afthal. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang kelas eksperimen dan 20 orang kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran dengan berbantuan komputer cocok dengan pembelajaran bahasa anak PAUD, (2) Pembelajaran dengan berbantuan komputer dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak pada Paud Raudhatul Atfhal Kota Bengkulu. Data hasil tes kemampuan berbahasa anak pada siklus 1 memperoleh jumlah nilai sebesar 263 dengan rata-rata 11,5 kategori Belum Berkembang (BB), siklus 2 memperoleh jumlah nilai sebesar 317 dengan rata-rata 15,85 kategori Mulai Berkembang (MB), siklus 3 memperoleh jumlah nilai sebesar 350 dengan rata-rata 17,5 kategori berkembang sesuai harapan.(3) Pembelajaran dengan berbantuan komputer lebih berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dibanding pembelajaran tanpa berbantuan komputer pada Paud Raudhatul Atfhal Kota Bengkulu. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis uji t dengan menggunakan program spss 17 menunjukkan signifikansi (2 tailed) pada equal variance assumed sebesar 0,000 < dari taraf signifikansi 0,05 dan nilai rata-rata untuk kelas yang diajarkan dengan berbantuan komputer sebesar 17,50 lebih besar dibanding pembelajaran tanpa berbantuan komputer sebesar 13,85.