PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKSI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN INTRAPERSONAL ANAK
Main Authors: | Oktafianis, Eti , Turdjai, Turdjai, Nina, Kurniah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/9672/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-eti-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/9672/2/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-eti-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/9672/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Model pembelajaran interaksi sosial menitik beratkan pada pentingnya keharmonisan antar individu dengan lingkungannya. Rumusan masalah penelitian adalah apakah penerapan model pembelajaran interaksi sosial dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal anak?. Data dikumpulkan melalui observasi, unjuk kerja dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pemahaman tentang model pembelajaran dan cara mendesain pembelajaran merupakan faktor terpenting yang harus dilakukan guru, (2) Penerapan model pembelajaran interaksi sosial dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal anak secara signifikan, terbukti dengan hasil uji t yang dilakukan diperoleh thitung 5,094 > ttabel 4,781 untuk kecerdasan interpersonal dan thitung5,602 > ttabel4,781 untuk kecerdasan intrapersonal. (3) Pandangan dan pemahaman guru terhadap pembelajaran interaksi sosial dan pengalaman mengajar merupakan faktor pendukung dan penghambat keberhasilan penerapan model pembelajaran tersebut.