IMPLEMENTASI PELATIHAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI

Main Authors: Utaminingsih , Endang , Alexon, Alexon, Nina, Kurniah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/9671/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-end-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9671/2/IV%2CLAMP%2CI-14-end-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9671/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan guru dalam implementasi pelatihan strategi pembelajaran kolaboratif dalam mengembangkan bahasa AUD. (2) mendekripsikan implementasi pelatihan strategi pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan guru mengembangkan bahasa AUD di PAUD IT Al Ikhlas Kabupaten Kepahiang. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindak Sekolah (PTS) dengan tiga siklus, di mana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanan, pelaksanan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian 4 orang guru, 8 anak kelompok umur 4-5 tahun dan 8 anak kelompok umur 5-6 tahun. Penelitian mengukur bahwa guru melalui pelatihan siklus I pre test rerata 1,75 persentase 43,75%, interval di bawah 55%, kategori kurang dan hasil pos test rerata 4 persentase 100%, interval 85%-100%, kategori baik sekali. Hasil observasi guru praktek pembelajaran siklus I rerata 22,325 (58,125%), interval 55%-69%, kategori cukup, dan hasil siklus II rerata 3,325 (83,125%), interval 70%-84%,kategori baik. Hasil observasi perkembangan bahasa AUD kelompok umur 4-5 tahun pertemuan I rerata 1,35 (33,75%), interval di bawah 55%, kategori (bintang satu) anak belum berkembang (BB), hasil pertemuan II rerata 3,2 (80%), interval 70%-84%, kategori  (bintang tiga) anak sudah berkembang sesuai dengan harapan (BSH).Hasil observasi perkembangan bahasa AUD kelompok umur 5-6 tahun pertemuan I rerata 1,325 (33,125%) interval kurang 55%, kategori (bintang satu) anak belum berkembang (BB), hasil pertemuan II rerata 3,225 (80,625%), interval 70%-84% kategori  (bintang tiga) anak sudah berkembang sesuai dengan harapan (BSH). Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa implementasi pelatian strategi pembelajaran kolaboratif dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan guru dan mengembangkan bahasa AUD di PAUD IT Al Ikhlas Kepahiang. Serta dengan memperhatikan kondisi PAUD dan karakteristik dari masing-masing guru dan anak.