PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN INTRAPERSONAL MELALUI KEGIATAN BERMAIN KONSTRUKTIF DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
Main Authors: | Nopriyani , Efta , Turdjai, Turdjai, Nina, Kurniah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/9665/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-eft-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/9665/2/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-eft-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/9665/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk menanyakan apakah penerapan pendekatan bermain konstruktif dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yaitu model Arikunto dalam dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak 4x pertemuan, dengan tahapan sebagai berikut: a) Perencanaan, b) Tindakan, c) Pengamatan, d) Refleksi, dan sebagai subjek dalam penelitian menggunakan 14 (empat belas) orang anak dari kelas/ kelompok B5 di taman kanak-kanak Negeri Pembina 1 – Kota Bengkulu. Adapun data yang terkumpul dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah deskritif kuantitatif, berdasarkan hasil penelitian peningkatan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal melalui kegiatan bermain konstruktif, dimana terbukti antara Siklus I dan Siklus II dengan hasil perhitungan t-test untuk peningkatan kecerdasan Interpersonal diketahui bahwa t-hitung sebesar + 10,82 sementara t-tabel 2.901 pada taraf signifikan 5% dan hasil analisis t-test untuk peningkatan kecerdasan Intrapersonal diketahui bahwa t-hitung sebesar +13,65 sementara t-tabel 3.660 pada taraf signifikan 5%, dengan demikian t-hitung lebih besar daripada t-tabel sehingga penghitungan uji t-test pada penelitian ini dapat dikatakan signifikan. Saran yang dikemukakan pada penelitian ini bahwa, dengan memperhatikan semua aspek seperti latar belakang anak, lingkungan dan variatif pola pembelajaran melalui metode permainan konstruktif dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal pada anak usia dini.