PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
Main Authors: | Yuleni, Elfa , Hartanto, Hartanto, Rosane , Medriarti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/9662/1/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14%2Celv.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/9662/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-elv.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/9662/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika dan komunikasi matematika pembelajaran model inkuiri terbimbing dengan pembelajaran konvensional di sekolah menengah atas. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Mukomuko. Uji hipotesis kemampuan pemahaman konsep matematika dan kemampuan komunikasi matematika siswa menggunakan uji t-tes. Hasil penelitian untuk kemampuan pemahaman konsep menunjukkan bahwa nilai sig (2- taled) = 0,001 < 0,05 berarti ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional serta menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa lebih baik jika diajarkan dengan pembelajaran inkuiri terbimbing jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hasil untuk kemampuan komunikasi matematika menunjukkan bahwa nilai sig (2-taled) = 0,000 < 0,05 berarti ada perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional serta menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa lebih baik jika diajarkan dengan pembelajaran inkuiri terbimbing jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.