PENGARUH STRATEGI KETERAMPILAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMP N 2 TALANG EMPAT DAN SMP N 3 TALANG EMPAT

Main Authors: Mertiana, Selli , Hartanto, Hartanto, M.Ilham , Abdullah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/9650/1/IV%2CV%2CVI%2CLAMP%2CI-14-sel-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9650/2/I%2CII%2CIII%2CI-14-sel-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9650/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi keterampilan metakognitif terhadap kemampuan pemahaman dan kemampuan pemecahan masalah matematika dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Talang Empat dan SMP N 3 Talang Empat Kelas VIII. Uji hipotesis kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematika siswa dilakukan dengan uji Anava Campuran 2x2 (Anava Mixed Design). Kemampuan pemahaman kelas eksperimen signifikan (MD=-51,687 ; Sig<0,05) dan perubahan kemampuan pemahaman pada kelas control juga signifikan (MD= -44.146; Sig<0,05). Pada kelas eksperimen kolom Partial Eta Squared didapatkan nilai sebesar 0.919 artinya stratgi keterampilan metakognitif yang diberikan meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa sebesar 91,9% sedangkan peningkatan kelompok kontrol 89,2%. Jadi H0 ditolak, berarti terdapat pengaruh penerapan strategi keterampilan metakognitif terhadap kemampuan pemahaman siswa. Kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen adalah signifikan (MD=-56.021; Sig<0,05) dan perubahan kemampuan pemecahan masalah pada kelas control juga signifikan (MD= -46.333; Sig<0,05). Pemecahan masalah kelas eksperimen kolom Partial Eta Squared didapatkan nilai sebesar 0.962 artinya strategi keterampilan metakognitif yang diberikan meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa sebesar 96,2% sedangkan peningkatan kelompok kontrol 94,5%. Jadi H0 ditolak, berarti terdapat pengaruh penerapan strategi keterampilan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa