PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA SMKN 3 SELUMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN MODEL PEMBELAJARAN BIASA

Main Authors: Heriani, Mega, Hartanto, Hartanto, Wayan , Dharmayana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/9647/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-meg.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9647/1/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-meg.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9647/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dengan kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas XI SMKN 3 Seluma. Pengambilan sampel dilakukan dengan porpusive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar tes kemampuan pemahaman dan kemampuan penalaran matematika siswa berbentuk uraian. Data dianalisis dengan teknik Uji paired Sample T Tes dan Uji Independent Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran dengan strategi kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran matematika siswa sekolah menengah kejuruan.