PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMAN 7 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Mishazariah, Mishazariah, Hartanto, Hartanto, Rosane, Medriati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/9646/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-mis-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/9646/2/IV%2CV%2CVI%2CLAMP%2CI-14-mis-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/9646/ |
Daftar Isi:
- Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa kelas X SMAN 7 Kota Bengkulu?; dan 2) bagaimanakah pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMAN 7 Kota Bengkulu? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa kelas X SMAN 7 Kota Bengkulu; dan 2) pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMAN 7 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2012/2013. Teknik analisa data yang digunakan adalah Uji ANOVA (2x2 Mixed Factorial Design) untuk desain eksperimen group pre-post design. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan pemahaman siswa, dengan nilai F = 7,265 (Sig < 0,05) Jadi H0 ditolak, dengan interaksi menunjukkan bahwa perubahan nilai pretes menuju postes pada kedua kelas (eksperimen-kontrol) adalah berbeda secara signifikan, yang terdapat pengaruh signifikan pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa kelas X SMAN 7 Kota Bengkulu.2) terdapat pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan komunikasi siswa dengan nilai F = 7,581 (Sig < 0,05) artinya terdapat interaksi antara time (pretes-posttes) dan group (eksperimen-kontrol). Jadi H0 ditolak, dengan interaksi menunjukkan bahwa perubahan nilai pretes menuju postes pada kedua kelas (eksperimen- kontrol) adalah berbeda secara signifikan yang berarti terdapat pengaruh signifikan pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMAN 7 Kota Bengkulu. Kepada guru untuk melakukan penerapan pembelajaran inkuiri karena terbukti meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematika siswa.