PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 CURUP
Main Authors: | Dewi, Kharisma , Saleh, Haji, Wahyu, Widada |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/9645/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-kha-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/9645/2/IV%2CV%2CVI%2CLAMP%2CI-14-kha-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/9645/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh Gaya kognitif terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah; untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah; untuk mengetahui pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran matematika dan gaya kognitif terhadap Kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah; untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar melalui Pembelajaran Matematika Reaistik (PMR) lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan pembelajaran Reguler; untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah yang diajar melalui PMR lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan pembelajaran Reguler; untuk mengetahui Kemampuan pemahaman konsep siswa yang memiliki gaya kognitif Field-Independent (FI) lebih baik dari siswa yang memiliki Gaya kognitif Field Dependent (FD); untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki gaya kognitif FI lebih baik dari siswa yang memiliki Gaya kognitif FD. Penelitian ini menerapkan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP N 2 Curup, dengan sampel dipilih dua kelas secara intact group. Data hasil eksperimen dianalisis dengan Mankova, dan diperoleh simpulan penelitian sebagai berikut: Ada pengaruh Gaya kognitif terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah; Ada pengaruh pendekatan pembelajaran Matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah; Tidak terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran matematika dan gaya kognitif terhadap Kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah; Kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar melalui PMR lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan pembelajaran Reguler; Kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar melalui PMR lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan pembelajaran Reguler; Kemampuan pemahaman konsep siswa yang memiliki gaya kognitif Fi lebih baik dari siswa yang memiliki Gaya kognitif FD; Kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki gaya kognitif FI lebih baik dari siswa yang memiliki Gaya kognitif FD