PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN DALAM MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Main Authors: Qaturradhiyat, Nati , Saleh , Haji, Hartanto, Hartanto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/9644/1/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-nat.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9644/2/I%2CII%2CIII%2CII-14-nat.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9644/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap pemahanan konsep dan keterampilan matematika dalam pembelajaran matematika. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimental. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu Kelas XI IPS. Uji hipotesis Pemahaman Konsep dan Keterampilan matematika siswa dilakukan dengan uji Anava campuran 2x2 (Anava Mixed Design). Pemahaman Konsep Matematika kelas eksperimen signifikan (MD = -29,333 : < Sig 0,05) dan perubahan pemahaman konsep matematika pada kelas kontrol juga signifikan (MD = -6.000: Sig < 0.05). Pada kelas eksperimen kolom Partial Eta Sguared didapatkan nilai sebesar 0,879 artinya pembelajaran matematika realistik yang diberi menikatkan pemahaman konsep matematika siswa sebesar 87,9%. Sedangkan peningkatan pada kelompok kontrol 23,3%. Jadi H0 ditolak, berarti terdapat pengaruh pembelajaran relaistik terhadap pemehaman konsep pada pembelajaran matematika sisiwa. Keterampilan matematika siswa pada kelas eksperimen adalah signifikan (MD= -36.667: Sig < 0,05) dan perubahan keterampilan matematika siswa pada kelas kontrol juga signifikan (MD=-12.167: Sig < 0,05). Keterampilan matematika kelas eksperimen kolom Partial Eta Sguared didapatkan nilai sebesar 0.989 artinya pembelajaran relaistik yang diberikan meningkatkan keterampilan matematika siswa sebesar 98.8%. Sedangkan peningkatan kelompok kontrol 90,8%. Jadi H0 ditolak, berarti terdapat pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap pemahaman konsep dan keterampilan dalam matematika.