PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMAN 1 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Nurbaiti, Nurbaiti, Wahyu , Widada, Ilham , Abdullah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/9621/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X IPA SMAN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran pencapaian konsep, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Populasinya adalah siswa kelas X SMAN 1 Kota Bengkulu. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 70 siswa, yang terdiri dari 35 siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif yang terlebih dahulu diuji validitas dan realibilitasnya. Data dianalisis dengan Anava Mixed Design. Dengan taraf signifikansi 5%, hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep terhadap kemampuan pemahaman konsep, yaitu sebesar 83,1% dan terhadap kemampuan berpikir kreatif, yaitu sebesar 58,5%. Serta terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif, yaitu sebesar 37,7%.