PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MUARA KELINGI KABUPATEN MUSI RAWAS MELALUI PEMBELAJARAN SYSTEMATIC APPROACH TO PROBLEM SOLVING (SAPS) DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL
Main Authors: | Umar, Saidina , Saleh , Haji, Wayan , Dharmayana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/9613/1/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-sai.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/9613/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-sai.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/9613/ |
Daftar Isi:
- Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksprimen dalam bentuk jenis kuasi eksprimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas Propinsi Sumatera Selatan tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 79 orang. Instrumen yang digunakan adalah soal pretes dan postes untuk mengukur kemampuan penalaran dan kemampuan berpikir kreatif matematika pada kelompok eksprimen (SAPS) dan pada kelompok kontrol (konvensional). analisis statistik yang digunakan adalah anova mixed. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: ada perbedaan kemampuan penalaran matematika yang signifikan antara siswa yang diberi pembelajaran systematic approach to problem solving (SAPS) dengan pembelajaran konvensional, terdapat interaksi antara time (pre-post tets) dan group (eksperimen-kontrol) pada kemampuan penalaran matematika, ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika yang signifikan antara siswa yang diberi pembelajaran systematic approach to problem solving (SAPS) dengan pembelajaran konvensional, dan terdapat interaksi antara time (pre-post tets) dan group (eksperimen-kontrol) pada kemampuan berpikir kreatif matematika