KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU BAHASA INDONESIA YANG TERSERTIFIKASI DI SMA NEGERI KABUPATEN REJANG LEBONG
Main Authors: | Lazuardi, Dian Ramadan, Susetyo, Susetyo, Agus , Trianto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/9536/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-ram-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/9536/2/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-ram-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/9536/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Bahasa Indonesia yang tersertifikasi di SMA Negeri Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Bahasa Indonesia yang tersertifikasi di SMA Negeri Kabupaten Rejang Lebong yang berjumlah 12 orang. Sampel yang digunakan adalah sampel total, yaitu berjumlah 12 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berbentuk kuesioner yang diisi oleh kepala sekolah, pengawas, guru bidang studi, dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan rumus rata-rata setiap alternatif jawaban dan rata-rata skor alternatif jawaban, selanjutnya hasil rata-rata dikonsultasikan dengan tingkat penilaian kategori kuesioner. Hasil penelitian penilaian pengawas, kepala sekolah, guru, dan siswa menunjukkan bahwa guru Bahasa Indonesia kurang menguasai seluruh aspek kompetensi pedagogik, yaitu penggunaan media pembelajaran. Pada kompetensi profesional guru kurang menguasai keterampilan bersastra, melaksanakan penelitian tindakan kelas, dan mengikuti kegiatan forum ilmiah.Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru bahasa Indonesia yang tersertifikasi dapat meningkatkan kompetensinya lebih maksimal lagi.