ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS LAYANAN PROGRAM ACARA LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK TVRI STASIUN BENGKULU

Main Authors: Setyaningsih, Sri Tulus , Darmansyah, Darmansyah, Soengkono, Soengkono
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/9491/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-sri-FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/9491/2/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-sri-FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/9491/
Daftar Isi:
  • Televisi merupakan media penyiaran audio visual yang mempunyai multi fungsi. Selain berfungsi sebagai media informasi, televisi juga dapat berfungsi sebagai media Pendidikan dan Hiburan. Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia Stasiun Bengkulu mengemban ketiga fungsi tersebut di atas dengan semestinya. Setiap pembuatan Pola Acara rutin maka ketiga program acara tersebut selalu dibuat perencanaan sebaik-baiknya untuk memberikan hasil yang maksimal dan bisa diterima oleh pemirsa TVRI Bengkulu dengan baik. Bagaimana program-program tersebut dapat diproduksi untuk bisa memenuhi harapan pemirsa sehingga mampu memberikan kepuasan kepada pemirsa. Kepuasan yang dimaksud adalah kepuasan yang diterima dan dirasakan oleh para pemirsa setelah menyaksikan tayangan program acara di TVRI Bengkulu. Kepuasan pemirsa adalah frekuensi atau seberapa sering pemirsa menyaksikan program acara yang disajikan oleh TVRI Bengkulu. Semakin puas seorang penonton / pemirsa tersebut terhadap tayangan suatu acara yang disajikan oleh TVRI Bengkulu, maka semakin tinggi frekuensinya dalam menonton acara tersebut. Kemudian dia akan selalu menunggu kapan acara tersebut akan ditayangkan lagi. Penelitian mengenai kepuasan konsumen ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Informasi, Pendidikan dan Hiburan memberikan kepuasan kepada pemirsa dan sejauh mana program acara memberikan kepuasan kepada konsumen / pemirsa yang menonton di TVRI Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan cara pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Pengambilan sampel dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang kebetulan ditemui dan cocok dijadikan sebagai responden yaitu mereka yang sudah pernah menyaksikan program acara di TVRI Bengkulu. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode distribusi frekuensi, dimana hasil yang diperoleh dibuatkan skor-skor sehingga akan diperoleh kategori-kategori dari hasil jawaban para responden. Paket acara Informasi mendapatkan skor dengan kategori baik yaitu 3,76. Sementara paket acara Pendidikan mendapatkan skor dengan kategori baik sebesar 3,86 dan paket acara Hiburan juga mendapatkan skor dengan kategori baik yaitu 3,50. Secara keseluruhan ketiga paket acara yang disebut dengan program acara di TVRI Bengkulu mendapatkan respon yang positif karena ditonton dan memberikan skor dengan kategori baik artinya semua paket acara ternyata mampu memberikan kepuasan kepada para pemirsanya. Paket-paket acara yang ternyata disukai pemirsa bisa dijadikan bahan evaluasi buat manajemen TVRI Bengkulu untuk terus berupaya menggali kreatifitas sehingga acara tersebut makin disukai pemirsa. TVRI Bengkulu juga harus selalu berupaya mencari inovasi-inovasi baru dalam pembuatan paket-paket acara lain yang bisa bersaing secara lokal di Provinsi Bengkulu dan disukai oleh masyarakat pemirsa TVRI Bengkulu. Selain itu paket-paket yang merupakan paket acara unggulan juga bisa menjadi ruang publik buat para pengiklan yang ingin memperkenalkan baik produk maupun program-program yang mereka punya. Para pengiklan ini bisa saja dari pihak swasta, BUMN/BUMD maupun instansi-instansi Pemerintah di Provinsi Bengkulu. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 50 orang responden karena keterbatasan waktu penulis dalam melakukan penelitian. Jumlah responden dianggap cukup untuk mewakili responden yang telah menyaksikan program acara di TVRI Bengkulu