PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA GURU DENGAN PROFESIONALISME SEBAGAI VARIABLE MODERATING (STUDI PADA SMA DI BENGKULU SELATAN)
Main Authors: | Soniawati, Neng Ida , Husnaini , Husnaini , Lisa, Martiah Nila Puspita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/9466/1/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-ida-FE.pdf http://repository.unib.ac.id/9466/2/I%2CII%2CIII%2CI-14-ida-FE.pdf http://repository.unib.ac.id/9466/ |
Daftar Isi:
- Pengelolaan dana sekolah harus mengajak seluruh anggota sekolah, terutama guru untuk berpartisipasi dalam perencanaan dan pengelolaan anggaran. Keterlibatan guru dalam partisipasi anggaran sangat penting dilakukan, karena akan dapat berdampak positif pada suasana kerja terutama kenyamanan stakeholder sekolah dalam mencapai tujuan ke arah peningkatan mutu sekolah dan pendidikan yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja guru SMA di Bengkulu Selatan dan membuktikan pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja guru dengan profesionalisme guru di SMA Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan penelitian studi empiris, dengan maksud untuk memberikan gambaran secara sistematis, faktual mengenai fakta-fakta dan hubungan antar fenomena yang diselidiki yang kemudian dianalisis untuk diambil kesimpulannya. Sampel dalam penelitian ini adalah para guru yang ada di 13 SMA Bengkulu Selatan, yang terdiri dari 9 SMA Negeri dan 4 SMA Swasta. Sampel diambil sebanyak 79 orang dengan cara menggunakan rumus Taro Yamane. Hasil Penelitian membuktikan bahwa partisipasi anggaran berpengaruh terhadap kinerja guru SMA di Bengkulu Selatan, sedangkan profesionalisme guru tidak memoderasi pengaruh antara partisipasi anggaran terhadap kinerja guru.