PENGARUH SIKAP SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN GURU DAN BIMBINGAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 CURUP SELATAN KABUPATEN REJANG LEBONG

Main Authors: Azwanto, Bodi, Johanes , Sapri, Alexon, Alexon
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/9458/1/Iv%2CV%2CLAMP%2CII-14-bod.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9458/2/I%2CII%2CIII%2CII-14-bod.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9458/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh sikap siswa terhadap pembelajaran guru terhadap hasil belajar PAI. 2) mengetahui pengaruh bimbingan PAI dalam keluarga terhadap hasil belajar PAI. 3) mengetahui pengaruh pengaruh sikap siswa terhadap pembelajaran guru dan bimbingan PAI dalam keluarga terhadap hasil belajar PAI. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Curup Selatan yang berjumlah 106 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Hasil penelitian: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh sikap siswa terhadap pembelajaran guru terhadap hasil belajar PAI, dengan r = 0,891; r2 = 0,793; dan thitung 10,734 > ttabel 2,045. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan bimbingan PAI dalam keluarga terhadap hasil belajar PAI, dengan r = 0,912; r2 = 0,893; dan thitung 12,189 > ttabel 2,045. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh sikap siswa terhadap pembelajaran guru dan bimbingan PAI dalam keluarga secara bersama-sama terhadap hasil belajar PAI siswa, dengan R = 0,945; R2 = 0,893; dan Fhitung 121,175 > Ftabel 3,33.