PENDEKATAN FUZZY PADA PENYUSUNAN MATRIKS PAY OFF STRATEGI PERSAINGAN BISNIS KOSMETIK (Studi Kasus Pemakaian Kosmetik Alas Bedak Wardah Pada Mahasiswi Prodi Matematika FMIPA Universitas Bengkulu Tahun Ajaran )

Main Authors: Yanti, Desi, Fanani, Haryo Widodo, Fachri, Faisal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/9433/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-des-FM.pdf
http://repository.unib.ac.id/9433/2/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-des-FM.pdf
http://repository.unib.ac.id/9433/
Daftar Isi:
  • Potensi pasar kosmetik di Indonesia cukup menjanjikan. Sehingga strategi persaingan bisnis yang optimal pada produk kosmetik harus diterapkan oleh pebisnis. Tujuan penelitian ini adalah dapat menentukan penyusunan matriks pay off dalam kerangka strategi persaingan bisnis yang optimal pada produk kosmetik dengan menggunakan pendekatan fuzzy. Studi kasus penelitian ini adalah pemakaian produk kosmetik alas bedak Wardah pada mahasiswi Prodi Matematika di FMIPA Universitas Bengkulu dan pesaing yang dihadapi adalah Pixy, Pond’s, La Tullip, dan Garnier. Berdasarkan hasil analisis diperoleh penyusunan matriks pay off yang optimal untuk setiap pasangan pemain dimana Wardah menggunakan atribut tidak mengandung zat kimia/merkuri, sedangkan Pixy menggunakan atribut harga, Pond’s, La Tullip, dan Garnier menggunakan atribut mengandung vitamin dan UV protection. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan metode fuzzy didapatkan atribut tidak mengandung zat kimia/merkuri, tidak menimbulkan alergi, mengandung vitamin dan UV protection dan samarkan noda hitam sebagai atribut yang diperhatikan responden dalam memakai produk kosmetik alas bedak Wardah.