PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANMENYIMAK DAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VIII MTSN 2 KOTA BENGKULU

Main Authors: Heliyenti, Eva, Riyanto, Riyanto, Turdja’i, Turdja’i
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/9417/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-eva.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9417/1/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-eva.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9417/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah yang dihadapi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Bengkulu, yaitu: 1) Kurangnya kemampuan menyimak dalam pembelajaran Bahasa Inggris sehingga berpengaruh pada nilai yang mereka dapatkan. 2) Kurangnya kemampuan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Inggris sehingga mereka terkesan pasif dalam belajar bahasa Inggris. Berdasarkan permasalahan di atas peneliti berusaha untuk melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran role play Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimakdan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII MTsN 2 Kota Bengkulu” yang terdiri dari dua rumusan masalah yaitu: Pertama, Bagaimana penerapan model role play dapat dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Bengkulu dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Kedua, Bagaimanakah penerapan model role play dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Bengkulu dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas VIII A dengan 3 (tiga) siklus yang terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu : tahap 1) perencanaan. 2) Tahap Pelaksanaan. 3) tahap observasi. 4) tahap refleksi. Perbaikan terus dilakukan hingga didapatkan pola yang terbaik dalam penerapan model pembelajaran role play dalam mata pelajaran bahasa Inggris khususnya dalam kemampuan menyimak dan berbicara. Untuk mengetahui kefektifitasan dari model pembelajaran role play dalam kemampuan menyimak dan berbicara maka akan dibandingkan dengan Uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran role play yang tepat dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara siswa dalam bahasa Inggris. Hal ini dapat dilihat dari data-data yang menunjukkan perkembangan hasil belajar siswa. Berdasarkan prestasi hasil belajar rata-rata kelas prestasi siswa dalam kemampuannya menyimak mengalami kenaikan antar siklus I, II, dan III yaitu dari 6,9 menjadi 7,3 pada siklus kedua dan 8,3 pada siklus ketiga. Sementara ketuntasan klasikal pada siklus ke satu 24 % pada siklus ke dua menjadi 95 % dan 100 % pada siklus ke tiga. Berdasarkan prestasi hasil belajar rata-rata kelas prestasi siswa dalam kemampuannya berbicara mengalami kenaikan siklus I, II, III yaitu dari 6,8 menjadi 7,6 pada siklus kedua dan 8,5 pada siklus ketiga. Sementara ketuntasan klasikal pada siklus ke satu 38 % pada siklus ke dua menjadi 71 % dan 97% pada siklus ke tiga.