THE EFFECT OF MMEMORIZING VOCABULARY ACTIVITY TOWARD STUDENTS READING COMPREHENSION ACHIEVEMENT
Main Authors: | Utama , Agus Hadi, Kasmaini, Kasmaini, Arasuli, Arasuli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/939/1/I%2CII%2CIII-1-13-agu-FI.pdf http://repository.unib.ac.id/939/2/IV%2CV%2CLAMP-1-13-agu-FI.pdf http://repository.unib.ac.id/939/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meneliti adakah pengaruh positif dari teknik aktifitas menghafal kosa kata terhadap kemampuan membaca siswa. Ini merupakan penelitian studi kasus. Studi kasus adalah pendekatan penelitian yang menerapkan teknik pengambilan data kuantitatif dan paradigma metodologi. Aktifitas menghafal kosa kata merupakan sebuah teknik yang menggunakan beberapa strategi untuk menghafal kosakata. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Kertapati Bengkulu Tengah yang hanya terdiri dari 1 kelas tujuh saja dengan total 24 siswa. Pre-test diberikan kepada kelompok eksperimen sebelum masa pengobatan untuk melihat titik awal pencapaian pemahaman siswa terhadap bacaan. Selama proses pengobatan (treatment) peneliti menerapkan teknik aktifitas menghafal kosa kata untuk menghafal kosa kata terhadap kemampuan penguasaan membaca siswa. Setelah dilakukannya treatment, langkah selanjutnya adalah memberikan post-test sebagai tahap akhir untuk mengetahui perbedaan antara pre-test dan post-test. Untuk menganalisis hasil, digunakan uji beda hipotesis dengan menggunakan rumus tanalisis varian. Dari perhitungan pada hasil pre-test dan post-test, t yang diperoleh (tcal) adalah 2.916, sedangkan t-tabel untuk taraf signifikasi 95% adalah 2.262. Dapat disimpulkan t-cal lebih besar dari t-tabel, berarti terdapat adanya perbedaan yang signifikan antara aktifitas menghafal kosakata terhadap penguasaan membaca siswa pada kelas VII MTsN Kertapati Bengkulu Tengah. Dengan kata lain adanya peningkatan yang signifikan antara aktifitas menghafal kosa kata terhadap penguasaan membaca siswa.