PENERAPAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEBERMAKNAAN DAN HASIL BELAJAR (STUDY PADA MATA PELAJARAN AGRIBISNIS TERNAK UNGGAS DI SMK NEGERI I CURUP SELATAN KAB REJANG LEBONG)

Main Authors: Suarni, Suarni, Johanes, Sapri, Alexon, Alexon
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/9331/1/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-sua.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9331/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-sua.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9331/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan media powerpoint untuk meningkatkan kebermaknaan dan hasil belajar, yang dilaksanakan di kelas XI ATU dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukan kemampuan guru dalam menerapkan penerapan CTL berbantuan media powerpoint mengalami peningkatan, kebermaknaan dan hasil belajar siswa juga meningkat yang terlihat dari penerapan siklus pertama dan berikutnya. Penguasaan siswa dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan, meskipun belum sebaik yang diharapkan, namun sudah menunjukan perbedaan signifikan. Hal ini dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam menerapkan penerapan CTL berbantuan media powerpoint, penelitian ini juga menghasilkan pembelajaran CTL berbantuan powerpoint yang memungkinkan dapat diterapkan oleh para guru yang mengampu pelajaran agribisnis ternak unggas.