MENINGKATKAN AKURASI SHOOTING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PRAKTIS PADA SISWA KELAS VIIIB SMPN 17 KOTA BENGKULU

Main Authors: Pala, Zepi Arlin , Arwin, Arwin, Sugiyanto , Sugiyanto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/9188/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-zep-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9188/1/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-zep-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9188/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran praktis dapat meningkatkan akurasi shooting pada permainan sepak bola dalam pembelajaran penjas. Jenis penelitian yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian tersebut adalah Classroom Action Research atau penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMPN 17 Kota Bengkulu yang berjumlah 32 orang. Yang terdiri dari 17 siswa putra dan 14 siswa putri. Hasil penelitian pada pra-siklus diketahui bahwa sebagian besar siswa belum memahami teknik dasar shooting, sehingga hasil tes akurasi shooting yang diperoleh siswa sebesar 6,45% kategori baik, 19,35% kategori cukup, 41,93% kategori kurang, dan 32,25% kategori sangat kurang. Pada siklus pertama dengan penerapan model pembelajaran praktis yang tepat, siswa memperoleh nilai rata- rata sebesar 3,22% kategori sangat baik, 29,03% kategori baik, 38,70% kategori cukup, 25,80% kategori kurang, dan 3,22% kategori sangat kurang. Pada siklus kedua terjadi peningkatan pada akurasi shooting siswa sebesar 12,90% kategori sangat baik, 45,16% kategori baik, 22,58% kategori cukup, 19,67% kategori kurang. Meningkatnya akurasi shooting siswa dalam permainan sepak bola sebagai pengaruh dari penerapan model pembelajaran praktis. Berdasarkan hasil di atas maka disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran praktis terbukti dapat meningkatkan akurasi shooting siswa dalam permainan sepak bola.