PERSEPSI SISWA PADA PENOKOHAN FILM KARTUN SPONGEBOB SQUAREPANTS EPISODE JELLYFISHING (STUDI KASUS PADA SDN. 69 KOTA BENGKULU)

Main Authors: Apriawan, Zikri , Budiman, Dwi Aji , Makhrian, Andi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/9185/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-zik-FS.pdf
http://repository.unib.ac.id/9185/2/IV%2CV%2CVI%2CLAMP%2CI-14-zik-FS.pdf
http://repository.unib.ac.id/9185/
Daftar Isi:
  • Penelitian yang berjudul “Persepsi Siswa Pada Penokohan Film Kartun Spongebob Squarepants Episode Jellyfishing” bertujuan untuk mengetahui karakter penokohan apa saja yang terkandung dalam film kartun Spongebob Squarepants episode Jellyfishing dan untuk mengetahui persepsi anak pada penokohan film kartun Spongebob Squerpants episode Jellyfishing dalam Realitas kode John Fiske. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa/i kelas 5 SDN.69 Kota Bengkulu dengan menggunakan teknik sampling purposif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan cara observasi, wawancara dan pengumpulan data yang telah jadi ataupun diolah oleh pihak lain seperti buku, majalah, maupun artikel online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa/i kelas 5 SDN.69 Kota Bengkulu sudah bisa membedakan, mengelompokkan, memfokuskan, mengenal objek, dan mempersepsikan pada penokohan film kartun Spongebob Squarepants episode Jellyfishing yang mana persepsi siswa dilihat dari kode televisi john fiske pada level pertama yaitu Level Realitas, yakni: a) kostum (dress), yaitu anak-anak lebih cenderung menyukai kostum yang dikenakan oleh Spongebob; b) cara berbicara (speech), yaitu cara berbicara yang baik itu pada tokoh Spongebob dan yang buruk pada tokoh Squidward; c) ekspresi (exspression), meliputi ceria, sedih, kesal, maupun kecewa; d) karakter (character), yakni pemarah, penyabar, pemaaf, peduli dan setia; e) perilaku (behaviour), terdapat perilaku baik dan buruk, dan setiap anak mengungkapkan pemaknaan yang berbeda-beda.