PENINGKATAN KETERAMPILAN SERVIS BAWAH VOLLY MINI MELALUI METODE PEMBELAJARAN DRILL PADA SISWA KELAS V SDN 47 BENGKULU SELATAN

Main Authors: Zahari, Asman , Sofino, Sofino, Yarmani, Yarmani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/9131/1/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-asm-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9131/2/I%2CII%2CIII%2CI-14-asm-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9131/
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: meningkatkan keterampilan servis bawah melalui metode drill pada siswa kelas V SDN 47 Bengkulu Selatan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 47 Bengkulu Selatan yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 21 orang Putra dan 9 orang putri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan 3 siklus. Teknik analisis yang digunakan adalah data hasil keterampilan Servis Bawah Volly Mini. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan servis bawah siswa kelas V SDN 47 Bengkulu Selatan. Hal ini ditunjukan dari hasil tes keterampilan siswa dalam melakukan servis bawah bola voli pada siklus 1 rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 6,16 dengan persentase ketuntasan sebesar 40%. Selanjutnya, meningkat pada siklus 2 dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 7 dan persentase ketuntasan sebesar 66,6%. Kemudian meningkat kembali pada siklus 3 dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 7,53 dan persentase ketuntasan sebesar 86,6%. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Metode pembelajaran Drill dapat meningkatan keterampilan servis bawah pada siswa kelas V SDN 47 Bengkulu Selatan.