PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RESIPROKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 SELUMA

Main Authors: Handayani, Try Beva , Pujianto, Dian, Sugiyanto , Sugiyanto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/9078/1/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-tri.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9078/2/I%2CII%2CIII%2CII-14-tri.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9078/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran resiprokal dapat meningkatan keterampilan lompat jauh gaya jongkok pada siswa SD Negeri 01 Seluma. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research ) yang dilaksanakan 2 siklus. Dalam penerapan model pembelajaran resiprokal pembelajaran memfokuskan peneliti dalam bentuk tindakan-tindakan untuk mengetahui hasil suatu kegiatan yang dilakukan. Disamping itu pembelajaran yang dilaksanakan secara sistematis, logis dan teliti . Subjek penelitian berjumlah 36 orang yang terdiri dari 18 laki-laki dan 18 perempuan. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar pengamatan dan tes keterampilan. Adapun teknik yang digunakan peneliti untuk menguji kesesuaian tes dengan kriteria menggunakan hitungan keberhasilan belajar rata-rata kelas. Setelah penelitian selesai dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan lompat jauh dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil ketuntasan belajar siswa dengan kriteria baik yang terdapat pada pra siklus hanya 6 siswa dengan porsentase ketuntasan 16,7 %. Pada siklus I hasil ketuntasan belajar siswa yang memperoleh kriteria baik yaitu 14 siswa dengan porsentase ketuntasan 38,9 % dan meningkat pada siklus II yaitu 27 siswa dengan porsentase 75 %. Dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran resiprokal dapat meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Seluma.