PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RESIPROKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 SELUMA
Main Authors: | Handayani, Try Beva , Pujianto, Dian, Sugiyanto , Sugiyanto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/9078/1/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-tri.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/9078/2/I%2CII%2CIII%2CII-14-tri.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/9078/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran resiprokal dapat meningkatan keterampilan lompat jauh gaya jongkok pada siswa SD Negeri 01 Seluma. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research ) yang dilaksanakan 2 siklus. Dalam penerapan model pembelajaran resiprokal pembelajaran memfokuskan peneliti dalam bentuk tindakan-tindakan untuk mengetahui hasil suatu kegiatan yang dilakukan. Disamping itu pembelajaran yang dilaksanakan secara sistematis, logis dan teliti . Subjek penelitian berjumlah 36 orang yang terdiri dari 18 laki-laki dan 18 perempuan. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar pengamatan dan tes keterampilan. Adapun teknik yang digunakan peneliti untuk menguji kesesuaian tes dengan kriteria menggunakan hitungan keberhasilan belajar rata-rata kelas. Setelah penelitian selesai dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan lompat jauh dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil ketuntasan belajar siswa dengan kriteria baik yang terdapat pada pra siklus hanya 6 siswa dengan porsentase ketuntasan 16,7 %. Pada siklus I hasil ketuntasan belajar siswa yang memperoleh kriteria baik yaitu 14 siswa dengan porsentase ketuntasan 38,9 % dan meningkat pada siklus II yaitu 27 siswa dengan porsentase 75 %. Dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran resiprokal dapat meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Seluma.