PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MODIFIKASI TEACHINGGAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) PADA SISWA KELAS V SDN 114 KABUPATEN SELUMA

Main Authors: Seno, Seno, Arwin, Arwin, Yarmani, Yarmani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/9072/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-sen.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9072/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-sen.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9072/
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakankelas ini bertujuanuntuk: (1) meningkatkan keterampilan passing atas bola voli melalui pendekatan pembelajaran modifikasi TGFU pada siswa kelas V SDN 114 Seluma, dan (2) meningkatkan aktivitas siswa dan guru pada proses pembelajaran Penjaskes melalui pendekatan pembelajaran modifikasi TGFU pada siswa kelas V SDN 114 Seluma.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 114 Kabupaten Seluma yang berjumlah 27 orang siswa, terdiri dari 18 orang laki- laki dan 9 orang perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan 2 siklus. Teknik analisis yang digunakan adalah data hasil melakukan tes Passing Atas bola Volly sebanyak-banyaknya selama 1 menit.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar Penjaskes siswa kelas V SDN 114 Kabupaten Seluma. Rata-rata kelas pada siklus 1 diperoleh sebesar 67,96, kemudian meningkat di siklus ke-2 sebesar 77,78. Siklus pertama diperoleh nilai ketuntasan belajar kelas sebesar 55,60 %, meningkat di siklus kedua sebesar 77,78%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran modifikasi TGFU pada pembelajaran Penjaskes dapat meningkatan keterampilan Passing Atas Bola Volisiswa kelas V SDN 114 Kabupaten Seluma.