PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LEMPAR TURBO SISWA KELAS V SD.NEGERI 06 LEBONG ATAS KABUPATEN LEBONG

Main Authors: Sori, Elpian, Karjiyati, Victoria, Sugiyanto , Sugiyanto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/9037/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-elf.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9037/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-elf.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9037/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan hasil belajar lempar turbo siswa dengan model pembelajaran langsung.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas V SD.Negeri 06 Lebong Atas Kabupaten Lebong.Penelitian ini dilaksanakan dua siklus.Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi.Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi guru dan siswa.Data observasi dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, dan kisaran nilai.Data tes perbuatan dianalisis menggunakan rata-rata kelas dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil analisis data aktivitas guru pada siklus 1 diperoleh skor 21,5 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat sebesar 27,5 dengan kategori baik. Aktivitas siswa pada siklus 1 diperoleh rata-rata sebesar 19,5 dengan kategori cukup. Pada siklus II meningkat menjadi 28,5 dengan kategori baik. Hasil tes perbuatan pada siklus 1 sebesar 70,2 dengan ketuntasan klasikal 72%. Pada siklus II meningkat menjadi 76,28 dengan ketuntasan klasikal 92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan kemampuan lempar turbo siswa kelas V SD Negeri 06 Lebong Atas Kabupaten Lebong.