UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI MELALUI PENDEKATAN MODIFIKASI MENGGUNAKAN METODE BERMAIN DAN MEDIA YANG BERBEDA SISWA KELAS Va SD NEGERI 3 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Anna, Eka Youndha Yoully , Arwin, Arwin, Beswaldi, Beswaldi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/9035/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-eka.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/9035/2/IV%2CV%2CLAMp%2CII-14-eka.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/9035/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui pendekatan modifikasi menggunakan metode bermain dan media yang berbeda dapat meningkatkan tingkat penguasaan belajar gerak dasar lari sprint dalam pembelajaran penjaskes. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian tersebut digunakan metode class-room Action Research atau penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas Va SD Negeri 3 Kota Bengkulu yang berjumlah 33 orang. Setelah dilakukan penelitian didapatkan hasil tingkat penguasaan sebagai berikut: hasil nilai persentase guru yang didapat pada pra siklus sebesar 33,33%, sedangkan nilai persentase siswa sebesar 26,66%. Pada siklus 1 nilai persentase guru yang didapat sebesar 46,66%, sedangkan nilai persentase siswa sebesar 33,33%. Pada siklus 2 nilai persentase guru yang didapat sebesar 53,33%, sedangkan nilai persentase siswa sebesar 40,00%. Pada siklus 3 nilai persentase guru yang didapat sebesar 60,00%, sedangkan nilai persentase siswa sebesar 46,66%. Pada siklus 4 nilai persentase guru yang didapat sebesar 73,33%, sedangkan nilai persentase siswa sebesar 60,00%. Pada siklus 5 nilai persentase guru yang didapat sebesar 86,66%, sedangkan nilai persentase siswa sebesar 73,33%. Pada siklus 6 nilai persentase guru yang didapat sebesar 93,33%, sedangkan nilai persentase siswa sebesar 86,66%. Meningkatnya tingkat penguasaan siswa dalam pembelajaran gerak dasar lari sebagai pengaruh dari penerapan pendekatan modifikasi menggunakan metode bermain dan media yang berbeda. Berdasarkan hasil di atas maka disimpulkan bahwa penerapan pendekatan modifikasi menggunakan metode bermain dan media yang berbeda dapat meningkatkan pembelajaran gerak dasar lari siswa kelas Va SD Negeri 3 Kota Bengkulu.