UPAYA MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN YANG BERVARIATIF DI KELAS VB SD NEGERI 71 KOTA BENGKULU

Main Authors: Sugiatno, Aris , Syafrial, Syafrial, Insanistyo, Bayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/9017/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-ari.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9017/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-ari.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9017/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media yang bervariatif mampu meningkatkan proses pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VB SD Negeri 71 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat langkah penelitian, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun subjek penelitian ini berjumlah 34 orang, yang terdiri dari 16 laki-laki dan 18 perempuan. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan lompat jauh gaya jongkok dan lembar observasi APKG-2. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan tes evaluasi siswa dilakukan di tiap-tiap akhir siklus. Persentase peningkatannya sebesar 44.11% menjadi 91.17% Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan media bervariatif sangat efektif dalam upaya meningkatkan minat pembelajaran lompat jauh gaya jongkok serta mampu menumbuhkan kegembiraan dan memotivasi siswa dalam belajar.