PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR DAN MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER MATEMATIKA SISWA KELAS V B SD NEGERI 19 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Hujri, Sutiani, Karjiyati, Victoria, Wurjinem, Wurjinem |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/9007/1/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-sut-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/9007/2/I%2CII%2CIII%2CI-14-sut-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/9007/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran, hasil belajar dan mengembangkan nilai karakter siswa pada pembelajaran Matematika. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V B SD Negeri 19 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data: a) lembar observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisi skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. b) lembar tes menggunakan rumus nilai rata-rata dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian : a) Aktivitas guru pada siklus I diperoleh skor 30,5 kategori cukup, meningkat siklus II menjadi 40 kategori baik. b) Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh skor 30,5 kategori cukup, meningkat siklus II menjadi 40 kategori baik. c) Nilai kognitif diperoleh nilai rata-rata 6,6 dengan ketuntasan belajar klasikal 52,5%, meningkat Siklus II menjadi 8,2 dengan ketuntasan belajar klasikal 90%. d) Nilai afektif pada kategori baik aspek menerima siklus I sebesar 32,5%, meningkat siklus II menjadi 71,25%. Menanggapi siklus I sebesar 22,5%, meningkat siklus II menjadi 60,0%. Menilai siklus I sebesar 17,5%, siklus II meningkat menjadi 63,75%. Mengelolah siklus I sebesar 16,25%, siklus II meningkat menjadi 65,0%. Menghayati siklus I sebesar 15,0%, siklus II meningkat menjadi 62,5%. e) Nilai Psikomotor pada kategori terampil aspek menirukan siklus I sebesar 35,0%, meningkat siklus II menjadi 67,5%. Manipulasi siklus I sebesar 33,75%, meningkat siklus II menjadi 60,0%. Pengalamiahan siklus I sebesar 33,5%, meningkat siklus II menjadi 72,5%. Artikulasi siklus I sebesar 27,5% meningkat siklus II menjadi 61,5%. f) Nilai karakter mendapat persentase terbesar kategori mulai berkembang yaitu nilai jujur siklus I sebesar 3,75%, meningkat siklus II menjadi 52,5%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran, hasil belajar dan mengembangkan nilai karakter siswa pada pembelajaran Matematika kelas V B SD Negeri 19 Kota Bengkulu.