PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DI KELAS V SD NEGERI 111 BENGKULU SELATAN

Main Authors: Dahniarti, Zemi, Karjiyati, Victoria, Dalifa, Dalifa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/9006/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-zem-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9006/2/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-zem-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/9006/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 111 Bengkulu Selatan dengan Menggunakan Penerapan Pendekatan Saintifik. Jenis penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian guru dan siswa. Instumen digunakan lembar observasi guru, siswa dan Tes. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menujukan pada siklus I hasil observasi guru sebesar 29 kriteria cukup meningkat pada siklus II sebesar 34,5 kategori baik, hasil observasi siswa pada siklus I sebesar 28,5 kriteria cukup meningkat menjadi 33,5 kriteria baik. Hasil belajar ranah kognitif siklus I dengan rata-rata 60,33 ketuntasan belajar klasikal 53,33% meningkat pada siklus II menjadi 70 ketuntasan belajar klasikal 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 111 Bengkulu Selatan.