PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVA SD NEGERI 09 CURUP TENGAH PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ALAT INDERA
Main Authors: | Yulidar, Septi, Syafrial, Syafrial, Bahar, Amrul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8996/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-sep-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8996/2/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-sep-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8996/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan Pendekatan Scientific. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas IVA SDN 09 Curup Tengah. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa. Analisis data lembar observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata- rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 32,5 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat sebesar 40,5 dengan kategori baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi siswa sebesar 31,5 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 39,5 dengan kategori baik. Hasil analisis tes belajar 30% LDS dan 70% tes pada siklus I dari 32 siswa hanya 14 siswa tuntas dengan nilai rata-rata 63,28 dan ketuntasan klasikal sebesar 43,75% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 71,77 dengan ketuntasan klasikal sebesar 78,13%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Scientific dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN 09 Curup Tengah.