UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIRS SHARE (TPS) DI KELAS V SDN 01 PADANG GUCI HULU KABUPATEN KAUR

Main Authors: Marlena, Nova , Winarni, Endang Widi, Kustianti, Sri Ken
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8989/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-nov-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8989/2/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-nov-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8989/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menerapkan Pendekatan Cooperative Learning Tipe TPS. Jenis penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus tiap siklus terdiridari 4 tahap yaitu,perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Instrumen yang digunakan lembar observasi dan lembar tes. Data tes dianalisis menggunakan data rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I hasil aktivitas guru sebesar 27 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II sebesar 33 dengan kategori baik. Hasil aktivitas siswa pada siklus I sebesar 28 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II sebesar 32,5 dengan kategori baik. Hasil belajar siklus I rata-rata 6,9 dengan ketuntasan klasikal 46,6 % meningkat pada siklus II menjadi 7,92 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,6 %. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan keaktifan guru dan siswa, khususnya siswa kelas V SDN 01 Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur.