PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 1 KAUR SELATAN KABUPATEN KAUR

Main Authors: Mardiana, Mardiana, Idrus, Irdam , Hasnawati, Hasnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8984/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-mar-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8984/2/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-mar-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8984/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaur Selatan Kabupaten Kaur melalui pendekatan kooperatif tipe jigsaw dan untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini terdiri atas dua Siklus, dimana tiap Siklusnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini pada siklus I observasi terhadap aktivitas guru skor 32 dengan kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 35 dengan kategori baik, observasi aktivitas siswa skor 31 dengan kategori baik meningkat pada siklus II menjadi 35 dengan kategori baik, hasil belajar siswa nilai rata-rata 81,4 dengan ketuntasan 71,4%, meningkat pada siklus II nilai rata-rata 90,7 dengan ketuntasan 89,2%.Berdasarkan hasil penelitian tersebut melalui penerapan kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dalam proses pembelajaran dan prestasi belajar IPA siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaur Selatan Kabupaten Kaur.